BIROHMAH UNILA

Rabu, 13 Juni 2012

CERPEN
Sang Pejuang

“Ngeeeek....ngeeek....” terdengar suara pintu yang perlahan dibuka oleh tangan tua. Tangan itu sudah tak kokoh lagi, terlalu banyak kisah yang terukir membuat keriput balutan tulang. Terdengar juga sayup-sayup suara burung yang kadang hinggap di atap gubuk itu dan kemudian terbang entah kemana. Di keadaan yang sudah teramat renta ini, Saron, seorang lelaki tua dengan tertatih meraih sebuah kayu dengan lempengan logam diujungnya demi menyambung sisa-sisa hidupnya. Terlihat dengan jelas bekas perjuangan yang terlukis di setiap lekuk dahinya.

Hanyalah sepetak lahan dengan ukuran yang sangat kecil, lahan dimana ia mengais rejeki. Tanpa ada penyesalan dalam dirinya, namun itulah sebuah perjuangan, perjuangan hidup yang harus ia jalani. Satu per satu ia tanam batang pohon singkong itu. Hingga matahari sudah akan bertengger tepat di atas kepalanya pun ia masih berada di lahan itu.
“Kek... Kek!” terdengar suara dari seorang pemuda gagah menghampirinya. Itulah Hadi, mahasiswa salah satu universitas ternama yang sering mengantar makanan untuk Saron setiap ia pulang ke kampung halaman.
“Kek, ini Hadi bawakan makanan untuk kakek. Kakek beristirahatlah dulu.” Kata Hadi dengan pelan, meskipun Saron sudah teramat tua namun pendengarannya masih sangat jelas.
“Wah Nak Hadi sudah pulang? Pasti selalu repot-repot bawakan makanan untuk kakek.” jawab Saron.
“Tidak apa-apa Kek, hanya sekedar makanan untuk menghilangkan lapar.” Kata Hadi.
“Terima kasih Nak Hadi, mari kita berteduh ke gubuk kakek saja, disini terlalu panas.” ajak Saron.
“Iya Kek.” jawab Hadi sambil perlahan ia menuntun Saron menuju ke rumah yang sudah setua Saron.
Setelah sampai Saron dan Hadi duduk di serambi depan. Saron pun memakan makanan yang dibawakan Hadi.
“Ayo Nak Hadi ikut makan.” Ajak Saron.
“Tidak Kek, kakek saja, Hadi sudah makan.”jawab Hadi.
Hadi menemani Saron makan sambil melihat ke arah dinding. Ia melihat sebuah senjata api dan sebuah clurit yang tergantung.
“Kek itu senjata Kakek?” tanya Hadi.
“Oowh senapan itu. Itu bukan milik Kakek. Itu senjata milik tentara Belanda yang kakek ambil.” Jelas Saron.
“Maksud Kakek?” tanya Hadi.
Ya, Saron dulunya adalah seorang pejuang yang sangat gagah, dengan penuh semangat ia selalu ikut andil utuk berperang melawan tentara Belanda.
“Pada masa itu...” Saron memulai ceritanya.
“Kakek sering ikut berperang melawan penjajah Belanda, ya sekitar tahun 20-an. Kakek tidak bisa tinggal diam melihat penjajah Belanda yang semakin semena-mena menindas rakyat Indonesia. Mereka hampir menguasai seluruh perkebunan di daerah ini.”jelas Saron.
Pada awalnya Saron adalah seorang lelaki biasa yang menjadi seorang mandor di perkebunan tebu daerah Bangil ini. Hasil panen tebu di perkebunan ini semakin lama semakin banyak. Tentu saja hal ini membuat orang-orang Belanda senang. Alhasil mereka mulai melakukan usaha untuk memiliki lahan perkebunan seluas-luasnya dan dibeli dengan harga semurah-murahnya. Orang-orang Belanda itu meminta bantuan kepada Carik Rembangdengan diiming-imingi harta dan kekayaan. Akhirnya Carik Rembang pun tergiur dan ia menyetujuinya. Ia selalu memaksa para pemilik kebun untuk menjual kebunnya kepada Belanda dengan cara yang kejam dan sadis. Namun hal itu selalu digagalkan oleh Saron hingga berkali-kali. Sehingga Carik Rembang itu pun akhirnya melaporkan Saron kepada Belanda. Belanda pun mengutus Kadus, pemimpin perusahaan, untuk membunuh Saron.
Hari itu ketika para pekerja sedang beristirahat, kadus datang dengan para pengawalnya. Ia marah-marah dan menantang Saron. Saron yang sudah mendengar hal itu sebelumnya pun naik darah.
“Baik, jika itu kemauanmu. Meskipun kau adalah saudara sebangsaku namun kau adalah penghianat negeri, menindas saudara sendiri hanya demi Belanda.” bentak Saron lantang. Saron pun akhirnya berhasil membunuh Kadus dan para pengawalnya. Mulai saat itu ia diincar oleh pemerintah Hindia-Belanda. Ia menjadi buronan selama beberapa minggu.
Suatu hari ketika Saron berkunjung ke rumah ibunya bersama istrinya, Mardah, ternyata tentara Belanda sudah mengikutinya. Ia diserang oleh tentara-tentara Belanda itu, ia merasa takut karena ia bersama ibu dan istri yang sangat ia sayangi. Ketakutan itu pun menjadi kenyataan, ibu dan istrinya ditawan Belanda dan diancam akan dibunuh jika Saron tak menyerah. Saron tak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya bisa menuruti permintaan tentara Belanda itu agar ibu dan istrinya selamat. Namun tentara Belanda memang licik, setelah menangkap Saron, mereka tak melepaskan ibu dan istri Saron. Ibu dan istrinya ikut ditahan namun di tempat yang berbeda dengan Saron.
Setelah beberapa hari Saron ditahan oleh Belanda, ia mendengar berita bahwa ibu dan istrinya telah dibunuh oleh Belanda. Ia pun berontak dan akhirnya secara diam-diam melarikan diri dari penjara serta ia membawa senjata tentara Belanda yang berada di dekat penjara itu tanpa sepengetahuan mereka.
Mulai saat itu ia menjadi lebih geram dan sangat dendam terhadap Belanda. Ia menggunakan senapan yang ia ambil itu ketika berperang. Namun ketika peluru senapan itu sudah tak ada lagi, ia menyimpan senjata itu dan kembali menggunakan cluritnya untuk melawan Belanda. Saron selalu berhasil ketika berperang melawan orang-orang Belanda. Ia seorang yang sangat tangguh. Sepanjang hidupnya ia selalu berjuang melawan kekejaman dan penindasan Belanda. Entah sudah berapa peperangan yang ia ikuti. Hal itu pun berlanjut hingga pemerintahan Jepang yang jauh lebih kejam. Semangat juangnya tak pernah runtuh. Ia tetap mengabdi untuk Indonesia sampai Indonesia dapat mengibarkan Sangsaka Merah Putih dan Garuda bertengger di angkasa. Setelah Indonesia merdeka pun, perjuangannya belum berakhir. Masih banyak penjajah-penjajah dari dalam negeri.
Seiring rapuhnya raga ia pun sudah tak sanggup lagi untuk aktif seperti dulu lagi. Namun semangat juangnya tetap membara dalam jiwanya. Kini perjuangannya adalah perjuangan melawan kehidupan yang amat keras tanpa sanak saudara.
Begitu terlarut Hadi mendengar cerita Saron, decak kagum terlukis di matanya.
“ Kakek benar-benar hebat, Hadi tak bisa membayangkan kalau saja Hadi yang berada di masa itu.” tanggap Hadi.
“ hemm...” Saron tersenyum kecil
“Justru posisimu disaat ini lah yang lebih membutuhkan perjuangan hebat. Karena saat ini perjuanganmu adalah melawan para pemimpinmu sendiri yang dengan halus menjajah negeri sendiri.” jelas Saron.
“Iya Kek, Hadi paham, ternyata perjuangan bangsa Indonesia belum berakhir. Jejak-jejak penjajahan itu masih terus merasuki jiwa-jiwa yang tak sadar.” jawab Hadi.
“Baik Nak, teruslah berjuang untuk Bumi Pertiwi, teruskan semangat juang kami!” kata Saron menambahkan.
Yah benar, perjuangan memang tak pernah berakhir. Berjuang untuk kehidupan, dari hal-hal yang amat kecil bahkan yang tak orang lain ketahui.

karya : Novi Dwi Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar